WISATA SELOONDO

 SELOONDO




LOKASI DAN SEJARAH 

      Selondo berasal dari kata selo(jawa) yang mempunyai arti batu dan ondo(jawa) yang mempunyai arti tangga, Selondo berarti tangga batu. Kawasan ini biasa digunakan sebagai Bumi Perkemahan (buper) oleh berbagai komunitas. Pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus serta kesejukan udara pegunungan mendukung kegiatan adventure dan penjelajahan serta out bond.Medannya yang naik turun cocok untuk menguji kekuatan fisik para pengikut organisasi kemanusiaan maupun kemasyarakatan. Terdapat pula sebuah sungai yang indah dengan jembatan layang yang membelah sungai tersebut, terdapat pula area rock climbing bagi yang punya nyali dan bernuansa meningkatkan adrenalin.Karena pemandangannya yang indah seringkali juga digunakan dalam mengisi liburan dan kenangan lulusan sekolah-sekolah di Kabupaten Ngawi dan juga luar wilayah Ngawi. 
      Wisata selondo ini dengan pesona alamnya mampu menarik wisatawan baik dari daerah Ngawi maupun dari luar kota Ngawi.Selondo, salah satu tempat wisata yang masuk Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo. Selondo Village yang menempati areal seluas 3 hektar ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat pertemuan, restoran dan beberapa kios yang menjajakan hasil khas masyarakat sekitar termasuk hasil agrobisnis berupa sayur mayur


FASILITAS WISATA SELOONDO
       Di tempat wisata seloondo tersebut tiket masuk dan  parkir hanya Rp 3000.Disana juga terdapat banyak warung makan.Tempatnya asri dingin sejuk jadi nyaman sekali buat camping atau kemah.Ada juga anak sekolah SMK kemah disitu waktu saya kesana.


Adapun fasilitas diwisata Selo Ondo ini adalah:
  • Kolam Renang
  • Bumi Perkemahan
  • River Tubing Anak
  • Pemandangan Hutan Pinus
  • Sungai 
  • Spot foto tulisan Selo ondo
  • Spot foto dibawah payung payung
  
Adapun Pohon Pohon Pinus yang bagus sekali untuk spot foto para pengunjung disana biasanya untuk para pengunjung istirahat karena tempatnya yang juga sejujuk.lokasinya juga cocok untuk rekreasi keluarga untuk liburan.
Ada juga jembatan gantung menuju desa yang jalan nya naik ke tebing tinggi tempat nya desa ngrayudan.



      ADAPUN EVENT GRAVITASI BUMI



   Selo Ondo atau lebih dikenal Selondo, nama sebuah tempat wisata di Desa Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi yang baru saya dengar beberapa tahun belakangan ini melalui dunia maya. Gravitasi bumi membuat tempat ini mulai terkenal sampai wisatawan asing pun turut berkunjung ke Selondo. Setiap tahun sejak 2016 di sana diadakan Festival Gravitasi Bumi yang merupakan rangkaian seni kejadian berdampak yang bertujuan menguatkan nilai-nilai lokal di wilayah ini. Sebuah kegiatan positif yang diprakarsai oleh warga setempat sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan budaya.Dihadiri oleh ribuan orang .
   Satu per satu batu yang mereka peroleh disusun menumpuk. Bila tidak ada yang cocok, mereka lalu berdiri mencari-cari batu yang bentuknya bisa untuk ditumpuk. ‘’Ini asyik banget, bikin gregetan, butuh kesabaran untuk menumpuk batu,’’ kata Santi, salah seorang pengunjung dari Kota Madiun.Event tahunan ini memang telah menjadi langganan para wisatawan untuk mengunjungi Ngawi bersamaan digebernya Ngawi visit years. Terbukti kegiatan yang digawangi kelompok sadar wisata.

   Ada juga jalan tebing batu batu yang indah sekali pemandangannya biasanya jalan itu untuk club trail karena tanjakan nya yang begitu mainstream.






Itulah, sedikit  info dari tempat Wisata SELOONDO  yang saya kunjungi.
Terima Kasih...

DIBAWAH INI PETA MENUJU WISATA SELOONDO

Komentar

Postingan Populer